Kebugaran

Olahraga Menggunakan Sepeda Biasa Vs Sepeda Statis

Tips kebugaran akan membahas tentang apa keuntungan dan kekurangan dari masing2 alat yang sudah tidak asing lagi yaitu sepeda. Ada 2 jenis sepeda yaitu biasa (cth:BMX, Fixie, MTB) dan statis (tidak bergerak, hanya diengkol). Saya akan memfokuskan kepada penggunaan dari 2 jenis sepeda tersebut untuk kebugaran dan olah raga jadi artikel ini tidak membahas tentang sepeda sebagai alat transportasi.

Sepeda Biasa

Alat ini pasti tidak asing lagi karena hampir dimanapun terdapat sepeda, mulai dari anak2 hingga orang tua (jaman dulu) pasti tahu alat ini. Ada beberapa jenis sepeda yang populer digunakan oleh masyarakat Indonesia, mulai dari anak2 hingga dewasa, yaitu:

1. BMX

Sepeda ini sering digunakan oleh anak2 untuk belajar bersepeda tetapi ada komuntitas yang menggunakanya sebagai alat untuk olah raga ekstrim karena bentuknya yang kecil dan simpel. Jadi mudha untuk dikendalikan ketika melakukan atraksi ektrim.

2. MTB

Biasa disebut Mountain Touring Bike (sepeda gunung), kalau tidak salah itu kepanjangan dari MTB. Biasanya terdapat pegas pada garpu di ban depan dan rangka body-nya, atau hanya di garpu ban depan saja). Saat ini sepeda jenis ini yang paling populer karena bisa digunakan dalam berbagai macam kondisi. Biasanya terdapat pengganti gigi untuk mengatur kecepatan bersepeda. Berat atau ringanya kayuhan sepeda, ditentukan oleh gigi yang bisa diatur sesuai keinginan pengendara.

3. Fixie

Ingin gaul, gunakanlah sepeda ini. Gayanya sangat bagus, full color (warna bisa dikombinasikan) dan ringan. Ada yang menggunakan rem dan ada yang tidak menggunakan rem sama sekali. Jika anda berhenti mengayuh sepeda Fixie ini maka kecepatan sepeda akan berhenti, itu adalah kelebihan dari sepeda Fixie. Walaupun tanpa rem, sepeda ini dapat berhenti dengan sendirinya jika pengendara berhenti mengayuh pedalnya.

Hanya saja sepeda Fixie yang tidak meggunakan rem, tidak memenuhi standard keselamatan jadi terdapat larangan di beberapa negara. Untuk amanya, di Indonesia lebih baik gunakan saja rem karena kelebihan berhenti dengan sendirinya ketika pedal berhenti diengkol tidak bisa mengerem secara mendadak.

4. Tandem

Jenis sepeda ini bisa dinaiki oleh 2 orang atau lebih, harganya pun sangat mahal. Pernah saya lihat sepeda tandem dengan harga Rp.9000000 per unit. Untuk olah raga bersama keluarga sepeda ini memang sangat cocok. Jika salah satu pengendaranya lelah, maka pengendara lainya akan mem-backup temanya itu secara otomatis (sudah pasti jadi lebih berat).

5. Roda Satu

Jarang sekali orang yang bisa menggunakan sepeda jenis ini. kalaupun ada, mereka adalah orang2 yang memiliki keseimbangan yang baik. Biasanya sepeda roda satu digunakan oleh Badut untuk atrasi jugling bola. Saat ini juga sudah ada olah raga ekstrim yang menggunakan sepeda roda satu sebagai alatnya, olah raga itu sepeti skateboard, inline skate dan sky.

Mungkin cukup dulu untuk pengenalan jenis2 sepedanya, mari kita lanjutkan ke pembahasan mengenai kelebihan jenis sepeda biasa ini sebagai alat kebugaran.

  • Pengguna tidak akan bosan karena pemandangan ketika menggunakan sepeda ini berubah ubah.
  • Udara yang lebih sejuk, jadi jika anda terasa lelah maka angin yang yang dirasakan ketika mengendarai sepeda akan mengurangi rasa gerah atau panasnya.
  • Anda juga bisa menggunakan sepeda ini untuk pergi ke kantor sekalugus berolah raga.
  • Lebih menantang karena tantangan di jalan lebih banyak, anda pun jadi lebih tanggas.
  • Bisa melihat2 pemandangan di sekitar lingkungan selagi berolah raga dengan sepeda.

Cukup dulu untuk kelebihan sepeda biasa sebagai alat keugaran, sekarang kita lanjutkan kepada pembahasan kuranganya dibandingkan dengan sepeda statis.

  • Memerlukan area yang besar agar bisa berfungsi dengan baik. Sebaiknyabersepeda di jalanan, taman atau jalur yang sudah disediakan. Jadi sangat ketergantungan dengan tempat.
  • Jika cuaca di luar sedang hujan, sebaiknya anda jangan bersepeda terlebih dahulu karena berbahaya. Pandangan yang pendek dan situasi basah akan membuat kemungkinan celaka (terpeleset) lebih besar karena licin. Jadi ketergantungan dengan cuaca tetapi jika anda cukup nekat, silahkan saja bersepeda ketika cuaca hujan.
  • Tidak bisa melakukan sprint dengan maksimal jika kondisi jalan berlubang, jarak yang pendek atau licin karena bisa terjatuh. Ketergantungan terhadap medan yang menantang.
  • Pembahasan tentang sepeda biasa selesai sampai disini, setelah ini akan dibahas tentang kelebihan dan kekurangan dari sepedah statis.

Sepeda Statis

Mungkin anda jarang bertemu dengan alat seperti ini karena memang tidak bisa dibawa kemana2 (berat) dan tidak bisa bergerak (maju atau mundur). Kelebihan sepeda statis akan dijelaskan dibawah ini.

  • Tidak memerlukan area yang luas karena alat ini tidak bergerak sama sekali. Anda hanya bisa mengengkol pedalnya seakan2 menaiki sepeda biasa, secepat apapun anda menggoes, tetap saja sepeda ini tidak akan bergerak.
  • Tidak memperdulikan cuaca yang baik atau buruk, karena penggunaan sepeda ini biasanya ada dalam ruangan. Bisa saja anda meletakanya di luar tetapi sebaiknya di dalam ruangan saja, jadi tidak perlu memasukan atau menutupi alat ini ketika cuaca hujan.
  • Berat atau ringanya beban engkol bisa disesuaikan (tergantung ada atau tidaknya pengatur gigi). Jadi anda bisa menyesuaikan beban, sesuai dengan kemampuan.
  • Bisa melakukan sprint semaksimal mungkn tanpa takut nabrak atau terjatuh.
  • Jika anda lelah maka langsung bisa istirahat dan nonton Televisi di ruang keluarga bahkan bersepeda sekaligus menonton Televisi juga bisa dilakukan.

Mungkin hanya yang disebutkan diatas kelebihan yang diketahui tentang kelebihan sepeda statis dibandingkan sepeda biasa. Jika nanti adalagi, maka akan segera di-update agar anda anda bisa mengetahui dan menanggapi juga. Berikut ini adalah kekurangan dari sepeda statis.

  • Tidak bisa melihat pemandangan yang indah karena hanya diam di satu tempat.

Tidak bisa boncengan dengan pasangan secara untuk apa boncengan jika tidak pergi kemana pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *