Kebugaran

Tips Kebugaran: Semakin Berat Semakin Baik

Beberapa teman menyarankan kepada saya untuk mengangkat beban lebih berat untuk memaksimalkan pepmebtukan otot ketika latihan. Tentu saja saya tidak langsung mengikuti saran dari mereka, takutnya saran tersebut tidak sesuai denga target yang ingin diraih. Oleh karena itu, beberapa hari yang lalu saya mencari referensi artikel mengenai mengangkat beban lebih berat. Hasilnya adalah silahkan baca terus artikel ini.

Lanjut lagi kepada pembahasan kali ini yaitu “semakin berat semakin baik”. Setelah mendapatkan referensi artikel yang sesuai dengan keinginan saya tersebut maka bisa diambil kesimpulan memang pendapat mereka ada benarnya hanya saja kembali lagi kepada tujuan dari latihan tersebut. Ada orang yang Fitness untuk menjaga kebugara, ada yang untuk binaraga dan ada yang Fitness untuk meningkatkan kekuatan dan kecepatan.

Nah, saran dari teman saya tersebut adalah untuk membangun kekuatan. Sedangkan saya ingin membangun otot yang atletis. Untuk membangun kekuatan memang semakin berat beban yang diangkat akan meningkatkan kinerja otot yang dilatih.

Misalkan latihan seperti ini dilakukan oleh atlet angkat besi, binaraga dan pekrjaan yang membutuhkan kekuatan yang sangat besar. Sedangkan untuk orang yang menginginkan bentuk tubuh yang atletis atau ideal, tidak perlu mengangkat beban yang terlalu berat.

Saya akan menunjukan patokan beban terlalu berat, sedang dan ringan agar bisa membayangkan beban seperti apa yang cocok untuk tujuan atau target latihan anda.

Beban Berat

Beban dikatakan berat ketika dengan tenaga maksimal, anda hanya bisa mengkatnya 5 sampai 6 kali dalam 1 set latihan. Latihan ini lebih cocok dilakukan oleh orang yang menginginkan bentuk tubuh yang besar dan tenaga yang kuta. Besar disini tidak selalu berotot indah karena orang gemukpun jika sering berlatih angkat beban (berat) akan memiliki tenaga yang super tetapi belum tentu berotot indah.

Beban Sedang

Latihan dengan beban sedang sangat cocok untuk anda yang menginginkan bentuk tubuh yang atletis. Sangat cocok dilakukan oleh seorang binaraga, model atau orang yang hanya menginginkan bentuk tubuh ideal. Beban dikatakan memiliki berat sedang jika dengan tenaga maksimal anda bisa mengangkat antara 10 hingga 12 kali pengulangan dalam 1 set latihan.

Beban Ringan


Untuk anda yang hanya ingin menjaga bentuk tubuh saat ini, atau menginginkan tubuh yang ramping (biasanya wanita). Anda cukup latihan dengan beban yang ringan. Tidak perlu takut dengan mengikuti kegiatan Fitness tubuh akan menjadi besar seperti om Ade Rai. Untuk orang2 yang tidak niat mendalami dunia binaraga, tidak mungkin memiliki bentuk tubuh seperti om Ade karena selai gaya hidupnya berbeda, pola latihanya pun tidak sama. Jadi untuk para wanita, jangan takut untuk FItness karena tubuh anda tidak akan besar (jika pola latihanya benar).

Latihan dengan pola ini, sering digunakan untuk meningkatkan kecepatan dan membentuk otot (agar lebih terlihat). Beban dikatakan ringan ketika dengan tenaga maksimal anda bisa mengangkan lebi dari 25 kali atau lebih dalam 1 set latihan.

Kesimpulan

Angkatlah beban sesuai dengan kemampuan dan sesuaikan juga dengan tujuan latihan anda. Jangan berlebihan ketika mengangkat beban (hingga meminta bantuan orang lain) karena beban yang bisa diangkat sendiri itu lebih baik dibandingkan jika dibantu.

Seringkali saya lihat, beberapa orang mengangkat beban secara bersamaan. Yang satu sebagai back up (berjaga2) untuk mencegah tertimpa alat ketika temanya sudah tidak kuat mengangkat beban.

Yang paling mengerti kemampuan diri sendiri adalah diri sendiri. Tidak mungin orang lain bisa mengetahui kemampuan orang lain, mereka hanya bisa memberikan semangat dengan mengatakan anda bisa mengangkat lebih berat. Jika memungkinkan, silahkan tambah beban latihan anda tetapi jika dirasa tidak mampu jangan dipaksakan.

Jika anda ingin mencoba mengangkat beban yang berat, sebaiklnya setahap demi setahap. Jadi anda bisa menyesuaikan dan membiasakan diri dengan beban yang semakin meningkat. Jangan tiba2 mengangkat beban yang berat sekaligus, sebelum anda yakin benar2 mampu untuk mengangkat beban itu sendirian.

Jika anda tidak berniat menjadi seorang binaraga atau atlet angkat besi, sebaiknya tidak berlebihan dalam latihan karena kemungkinan cidera akan meningkat. Sebaiknya pelan2 saja karena yang sedikit tetapi rutin itu lebih baik (penuh dengan strategi dan kesabaran) daripada ingin cepat tetapi langsung banyak (bisa cidera). Beban terbaik adalah, beban yang bida diangkat sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *